Selamat datang di duniaku

Rabu, 28 Desember 2011

GRAFIK TRIGONOMETRI SUDUT BERELASI
 Tujuan dan Kegunaan :
1. Untuk mengetahui sifat-sifat fungsi sinus, cosinus dan tangen pada kuadran 1, kuadran 2, kuadran 3, dan kuadran 4.
2. Untuk mencari rumus praktis mengubah sudut kedalam sudut lancip.
3. Untuk memudahkan menggambarkan sudut-sudut tidak istimewa pada diagram cartecius.

 Cara Pembuatan :
1. Alat dan Bahan
• Triplek
• Penggaris 60 cm
• Jangka Kayu
• Spidol
• Cat Kayu
• Mur baut
• Gergaji
• Bor dan lainnya
2. Langkah – langkah pembuatan
• Sediakan alat dan bahan yang dibutuhkan.
• Lukis lingkaran penuh dengan jari-jari 20 cm dalam triplek kotak berukuran 50x60 cm.
• Potong triplek dengan gergaji, kemudian buatlah lingkaran dengan jari-jari 20 cm selanjutnya potong sesuai lingkaran yang akan dibuat dengan ukuran ¾ lingkaran dan ¼ lingkaran.
• Setelah melakukan ketiga langkah, kemudian lakukan pengecatan sesuai keinginan.
• Lubangi tempat untuk penempatan mur dan baut tepat di tengah-tengah lingkaran dengan bor, kemudian pasangkan lingkaran-lingkaran yang telah dipotong.
• Gambarlah grafik pada lingkaran yang tersedia tadi.
• Terakhir lakukan pengecekan apakah sesuai hasil yang kita inginkan dengan melakukan pemutaran sesuai cara pemakainnya.

 Cara Pemakaian :
1. Grafik trigonometri sudut berelasi dipasang di depan kelas.
2. Analisis kuadran 1 dan cari sifat-sifat fungsi sinus, cosinus, dan tangen pada kuadran 1.
3. Setelah menganalisis kuadran 1, putarlah grafik sejauh 90o sehingga terlihat grafik kuadran 2.
4. Analisis kuadran 2 dan cari sifat-sifat fungsi sinus, cosinus, dan tangen pada kuadran 3.
5. Carilah rumus untuk mengubah sudut pada kuadran 2 menjadi sudut lancip.
6. Setelah menganalisis kuadran 2, putarlah grafik sejauh 90o sehingga terlihat grafik kuadran 3.
7. Analisis kuadran 3 dan cari sifat-sifat fungsi sinus, cosinus, dan tangen pada kuadran 3.
8. Carilah rumus untuk mengubah sudut pada kuadran 3 menjadi sudut lancip.
9. Setelah menganalisis kuadran 3, putarlah grafik sejauh 90o sehingga terlihat grafik kuadran 4.
10. Analisis kuadran 4 dan cari sifat-sifat fungsi sinus, cosinus, dan tangen pada kuadran 4.
11. Carilah rumus untuk mengubah sudut pada kuadran 4 menjadi sudut lancip.

 Kelebihan dan Kekurangan
1. Kelebihan
a. memegang peranan yang penting sebab dengan adanya alat peraga ini bahan pengajaran dapat dengan mudah dipahami oleh siswa. Alat ini berguna agar pelajaran yang disampaikan guru lebih mudah dipahami oleh siswa. Dalam proses belajar mengajar alat peraga ini dipergunakan dengan tujuan membantu guru agar proses belajar siswa lebih efektif dan efisien.
b. Menumbuhkan minat belajar siswa karena pelajaran trigonometri yang sulit menjadi lebih menarik untuk dipelajari.
c. Memperjelas makna pelajaran dalam materi menentukan perbandingan trigonometri sudut berelasi sehingga siswa lebih mudah memahaminya.
d. Metode mengajar seorang guru akan lebih bervariasi dan mudah untuk dimengerti oleh siswa sehingga siswa tidak akan mudah bosan dalam pembahasan trigonometri.
e. Membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar dalam materi menentukan perbandingan trigonometri sudut berelasi. Seperti : nilai sin,cosinus, dan tangen di kuadran yang berbeda-beda.
2. Kekurangan
a. Mengajar dengan memakai alat peraga ini lebih banyak menuntut guru lebih kreatif.
b. Perlu kesediaan berkorban misalnya waktu dan tenaga dalam pembuatannya.
c. Alatnya terlalu besar dan tidak efisien dalam membawa.
d. Siswa hanya bisa mengetahui besar sudut dalam setiap kuadran saja, tetapi tidak dapat mengetahui nilai dari sudut-sudut trigonometri.
e. Siswa harus tetap menghafal nilai dari sudut-sudut trigonometri terlebih dahulu.
f. Pada sekeliling triplek tidak terdapat pelindung sehingga bisa melukai tangan.
g. Pada setiap kuadran tidak terdapat keterangan kuadran.
h. Kurang menarik.

 Saran Konkrit Perbaikan Alat Peraga
a. Seharusnya pada judul diberi tulisan yang agak menarik, sehingga siswa ketika melihat media tersebut siswa jadi penasaran ingin mempelajarinya.
b. Seharusnya pada tiap kuadran diberi keterangan sehingga siswa dapat mengetahui tiap-tiap kuadran.
c. Seharusnya pada sumbu diberi keterangan sumbu x dan sumbu y.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar