PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 23 TAHUN 2006
TENTANG
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DENGAN
RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL,
Menimbang : bahwa
dalam rangka pelaksanaan ketentuan Pasal 27 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan, perlu menetapkan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor
78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301);
2.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41,
Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
3.
Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan,
Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tatakerja Kementrian Negara Republik
Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun
2005;
4.
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M Tahun 2004
mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali
diubah terakhir dengan Keputusan
Presiden Nomor 20/P Tahun 2005;
Memperhatikan
:Surat Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0141/BSNP/III/2006 tanggal
13 Maret 2006, Nomor 0212/BSNP/V/2006 tanggal 2 Mei, dan Nomor 0225/BSNP/V/2006
tanggal 10 Mei 2006;
MEMUTUSKAN :
Menetapkan : PERATURAN
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN UNTUK SATUAN PENDIDIKAN
DASAR DAN MENENGAH.
Pasal 1
(1)
Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan
menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta
didik.
(2)
Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat
(1) meliputi standar kompetensi lulusan minimal satuan pendidikan dasar dan
menengah, standar kompetensi lulusan minimal kelompok mata pelajaran, dan
standar kompetensi lulusan minimal mata
pelajaran.
(3)
Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat
(1) tercantum pada Lampiran Peraturan
Menteri ini.
Pasal 2
Peraturan
Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan
di Jakarta
pada
tanggal 23 Mei 2006
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD.
BAMBANG SUDIBYO
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 23 TAHUN 2006 TANGGAL 23 MEI
2006
A. STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN SATUAN PENDIDIKAN (SKL-SP)
Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SKL-SP) meliputi:
1. SD/MI/SDLB/Paket A;
2. SMP/MTs./SMPLB/Paket B;
3. SMA/MA/SMALB/Paket C;
4. SMK/MAK.
Standar Kompetensi Lulusan Satuan
Pendidikan (SKL-SP) dikembangkan
berdasarkan tujuan setiap satuan pendidikan, yakni:
1. Pendidikan
Dasar, yang meliputi
SD/MI/SDLB/Paket A dan
SMP/MTs./SMPLB/Paket B bertujuan: Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia,
serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut
.
2. Pendidikan Menengah yang terdiri atas
SMA/MA/SMALB/Paket C bertujuan:
Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup
mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut
3.
Pendidikan Menengah Kejuruan yang terdiri atas SMK/MAK bertujuan: Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut sesuai dengan kejuruannya
Adapun
Standar Kompetensi Lulusan
Satuan Pendidikan (SKL-SP) untuk SMA selengkapnya adalah:
1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2. Mengembangkan diri secara optimal dengan
memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung
jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4.
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku,
ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6. Membangun dan menerapkan informasi dan
pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan
inovatif
7. Menunjukkan kemampuan berpikir
logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam
pengambilan keputusan
8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk
mendapatkan hasil yang terbaik
10. Menunjukkan kemampuan menganalisis
dan memecahkan masalah
kompleks
11.
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13.
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara
demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14.
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15.
Mengapresiasi karya seni dan budaya
16.
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17. Menjaga kesehatan dan
keamanan diri, kebugaran jasmani, serta
kebersihan lingkungan
18.
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain
dalam pergaulan di masyarakat
20.
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21. Menunjukkan keterampilan membaca
dan menulis naskah
secara sistematis dan estetis
22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca,
menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk
mengikuti pendidikan tinggi
B. STANDAR
KOMPETENSI KELOMPOK MATA PELAJARAN (SK-KMP)
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP) terdiri atas kelompok-kelompok mata pelajaran:
1. Agama dan Akhlak Mulia;
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian;
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi;
4. Estetika;
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP) dikembangkan berdasarkan
tujuan dan cakupan muatan dan/ atau kegiatan setiap kelompok mata pelajaran, yakni:
3. Kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi bertujuan:
1. Kelompok
mata pelajaran Agama
dan Akhlak Mulia
bertujuan: membentuk peserta
didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Tujuan tersebut
dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, kewarganegaraan,
kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, olahraga, dan
kesehatan.
2. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan
dan Kepribadian bertujuan: membentuk
peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah
air. Tujuan ini dicapai melalui muatan dan/atau kegiatan agama, akhlak mulia, kewarganegaraan, bahasa,
seni dan budaya, dan pendidikan
jasmani. mengembangkan logika, kemampuan berpikir dan analisis peserta didik.
Pada satuan pendidikan SD/MI/SDLB/Paket A, tujuan ini dicapai melalui muatan
dan/atau kegiatan bahasa, matematika, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan
sosial, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal yang relevan.
Kelompok Mata Pelajaran
(SK-KMP) untuk SMA/MA SMALB/Paket C selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.
Agama dan Akhlak Mulia
1.
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang
dianut sesuai dengan
perkembangan remaja
2.
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
3. Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan sosial
4. Memahami hak dan
kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di
masyarakat
5. Menghargai
adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap
orang lain
6. Berkomunikasi
dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai
cara termasuk
pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya
sebagai makhluk Tuhan
7. Menjaga
kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
8.
Memanfaatkan lingkungan sebagai
makhluk ciptaan Tuhan
secara bertanggung jawab
2. Kewarganegaraan Dan Kepribadian
1. Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan
Republik Indonesia
2. Berpartisipasi
dalam penegakan aturan-aturan
sosial, hukum dan
perundangan
3.
Menghargai keberagaman agama, bangsa,
suku, ras, golongan sosial
ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
4.
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
5.
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
6.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara
termasuk pemanfaatan teknologi informasi
7. Menunjukkan
sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku,
perbuatan, dan pekerjaannya
8. Menunjukkan kemampuan
mengembangkan budaya belajar
untuk
pemberdayaan diri
9. Menunjukkan
kegemaran membaca dan menulis
3. Ilmu
Pengetahuan Dan Teknologi
1.
Membangun dan menerapkan informasi,
pengetahuan, dan
teknologi
secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
2.
Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, kreatif, dan inovatif
secara mandiri
3.
Menunjukkan kemampuan mengembangkan
budaya belajar untuk
pemberdayaan diri
4.
Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan
hasil yang terbaik dalam bidang iptek
5.
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan
memecahkan masalah
kompleks
6.
Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial
sesuai
dengan kekhasan daerah masing-masing
7.
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan
bertanggung jawab
8.
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui
berbagai
cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
9.
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
10.
Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan
berbicara dalam bahasa Indonesia dan
Inggris
11.
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan
tinggi
4. Estetika SMA/MA/SMALB*/Paket C
1. Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan
apresiasi dan kreasi seni
2. Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
3. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
karya seni
4. Menghasilkan karya kreatif, baik
individual maupun kelompok
5. Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
1. Menjaga
kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
2.
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal
untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan
kebugaran jasmani
3.
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang
terbaik dalam bidang pendidikan jasmani,
olah raga, dan kesehatan
C. STANDAR
KOMPETENSI MATA PELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/ MADRASAH ALIYAH (MA)
a. Pendidikan Agama Islam SMA/MA/SMK/MAK
1.
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan
dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi
2.
Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai
Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna
3.
Berperilaku terpuji seperti hasnuzzhan,
taubat dan raja dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabzir dan
fitnah
4.
Memahami sumber hukum Islam dan hukum
taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam
5.
Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode
Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia
b. Pendidikan Agama Kristen SMA/SMK
1.
Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam
pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial
2.
Merespon berbagai bentuk kehidupan modern,
perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada
ajaran Kristen
3.
Bertanggung jawab sebagai orang Kristen
dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa
4.
Menyampaikan berita damai dan menjadi
pembawa damai sejahtera
c. Pendidikan Agama Katolik SMA/SMK
1.
Peserta didik dapat menguraikan pemahaman
tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah
yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan
kehendak yang bebas untuk bertindak secara
bertanggung jawab.
2.
Peserta didik menguraikan pemahaman tentang
pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh
Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.
3.
Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan
sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam
hidup bergereja.
4.
Peserta didik menguraikan fungsi Gereja
yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan
melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi
manusia dengan menegakkan nilai-nilai
Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup.
d. Pendidikan Agama Hindu SMA/SMK
1.
Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum
Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi
2. Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur
Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha
3. Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan
perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)
4. Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum
Hindu
5. Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
6. Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
7. Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya
8. Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta
9. Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah
perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya
e. Pendidikan Agama Buddha SMA/SMK
1.
Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri
Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)
2.
Memiliki kemampuan untuk memahami dan
meyakini hukum alam
3. Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya
4. Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan
masing-masing aliran
5. Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa
utama Buddha
6. Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk
memecahkan masalah
7. Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama
8. Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari
9. Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di
perguruan tinggi
f.
Pendidikan
Kewarganegaraan SMA/MA
1.
Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan
Repubilik Indonesia
2.
Menganalisis sikap positif terhadap
penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi
3.
Menganalisis pola-pola dan
partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik
di Indonesia
maupun di luar negeri
4.
Menganalisis peran dan hak warganegara dan
sistem pemerintahan NKRI
5.
Menganalisis budaya politik demokrasi,
konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia
6. Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional
7. Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
8. Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional,
regional, dan kerja sama global lainnya
9. Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional,
dan mahkamah internasional.
g. Bahasa Indonesia SMA/MA
Program IPA dan IPS
1.
Mendengarkan
Memahami wacana
lisan dalam kegiatan penyampaian berita, laporan, saran, berberita, pidato,
wawancara, diskusi, seminar, dan pembacaan karya sastra berbentuk puisi, cerita
rakyat, drama, cerpen, dan novel
2.
Berbicara
Menggunakan wacana
lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan
berkenalan, diskusi, bercerita, presentasi hasil penelitian, serta mengomentari
pembacaan puisi dan pementasan drama
3.
Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis teks nonsastra berbentuk
grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, teks pidato, serta teks sastra berbentuk
puisi, hikayat, novel, biografi, puisi kontemporer, karya sastra berbagai
angkatan dan sastra Melayu klasik
4.
Menulis
Menggunakan
berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk teks narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, teks
pidato, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen,
laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi,
cerpen, drama, kritik, dan esei
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami wacana
lisan dalam kegiatan pidato, ceramah/khotbah, wawancara, diskusi, dialog,
penyampaian berita, presentasi laporan
2.
Berbicara
Menggunakan wacana
lisan untuk mengungkapkan pikiran, informasi, dan pengalaman dalam kegiatan
presentasi hasil penelitian, laporan
pembacaan buku, dan presentasi program, bercerita, wawancara, diskusi, seminar,
debat, dan pidato tanpa teks
3.
Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berbentuk esei, artikel, dan
biografi
4.
Menulis
Mengungkapkan
pikiran dan informasi dalam wacana tulis berbentuk teks deskripsi, narasi,
eksposisi, persuasi dan argumentasi, ringkasan/rangkuman, laporan, karya
ilmiah, makalah, serta surat
lamaran
5.
Kebahasaan
Memahami dan
menggunakan berbagai komponen
kebahasaan, baik fonologi, morfologi, maupun sintaksis dalam wacana lisan dan
tulis
h. Bahasa Inggris SMA/MA
1.
Mendengarkan
Memahami
makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
2.
Berbicara
Mengungkapkan
makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
3.
Membaca
Memahami
makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
4.
Menulis
Mengungkapkan
makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara
formal maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion,
dan review, dalam konteks kehidupan
sehari-hari
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer dan
otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition, hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal
maupun informal, dalam bentuk recount,
narrative, procedure, descriptive, news item, report, analytical exposition,
hortatory exposition, spoof, explanation, discussion, review, public speaking dalam konteks akademik, dan karya sastra populer
dan otentik sederhana, dalam kehidupan nyata sehari-hari
i.
Matematika
SMA/MA
Program IPA
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan
ingkarannya, menentukan nilai kebenaran
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat,
fungsi eksponen dan grafiknya, fungsi komposisi dan fungsi invers, persamaan
dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis
singgungnya, suku banyak, algoritma pembagian dan teorema sisa, program linear,
matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan
dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut
yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri, rumus
sinus dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut, rumus jumlah dan selisih
sinus dan kosinus, serta menggunakannya
dalam pemecahan masalah
5.
Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem,
integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri,
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah
6.
Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan
menerapkannya dalam pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan
bekerjasama
Program IPS
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan
ingkarannya, menentukan nilai kebenaran
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, fungsi kuadrat
dan grafiknya, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, komposisi dan invers
fungsi, program linear, matriks dan determinan, vektor, transformasi geometri
dan komposisinya, barisan dan deret, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah
3.
Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut
yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah
5.
Memahami limit fungsi aljabar dan fungsi
trigonometri di suatu titik dan sifat-sifatnya, turunan fungsi, nilai ekstrem,
integral tak tentu dan integral tentu fungsi aljabar dan trigonometri,
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah
6.
Mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian, dalam
pemecahan masalah
7.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan
8.
Memiliki kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis dan kreatif, serta mempunyai kemampuan
bekerjasama.
Program Bahasa
1.
Memahami pernyataan dalam matematika dan
ingkarannya, menentukan nilai kebenaran
pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor, serta menggunakan prinsip logika matematika dalam
pemecahan masalah
2.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana dan fungsi
kuadrat, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, program linear, matriks dan
determinan, vektor, transformasi geometri dan komposisinya, barisan dan deret,
serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.
Menentukan kedudukan, jarak dan besar sudut
yang melibatkan titik, garis dan bidang di ruang dimensi tiga serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.
Memahami konsep perbandingan, fungsi,
persamaan dan identitas trigonometri serta menggunakan dalam pemecahan masalah
5.
Memahami dan mengaplikasikan penyajian data dalam bentuk
tabel, diagram, gambar, grafik, dan ogive, ukuran pemusatan, letak dan ukuran
penyebaran, permutasi dan kombinasi, ruang sampel dan peluang kejadian dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari dan ilmu
pengetahuan dan teknologi
6.
Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan
7.
Memiliki kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan
bekerjasama
j.
Fisika
SMA/MA
1.
Melakukan percobaan, antara lain merumuskan
masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan
merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik
kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan
melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara
cermat, teliti, dan obyektif
3.
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya
dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum
4.
Mendeskripsikan prinsip dan konsep
konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum
termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor
5.
Menerapkan konsep dan prinsip optik dan
gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi
6.
Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan
dan kemagnetan dalam berbagai masalah dan produk teknologi
k. Biologi SMA/MA
1.
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji
hipotesis, menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan
berbagai peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan
teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara
sistematis, dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami keanekaragaman hayati dan
klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
3.
Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia dalam keseimbangan
ekosistem
4.
Memahami konsep sel dan jaringan,
keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan penyakit yang
mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
5.
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan, proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan
implikasinya dengan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
6.
Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi
serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
l.
Kimia
SMA/MA
1.
Melakukan percobaan, antara lain merumuskan
masalah, mengajukan dan menguji hipotesis, menentukan variabel, merancang dan
merakit instrumen, mengumpulkan, mengolah dan menafsirkan data, menarik
kesimpulan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
2.
Memahami hukum dasar dan
penerapannya, cara perhitungan dan pengukuran, fenomena reaksi kimia yang
terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi
3.
Memahami sifat berbagai
larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk
cara pengukuran dan kegunaannya
4.
Memahami konsep reaksi
oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan
energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)
5.
Memahami struktur molekul
dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak,
karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
m.
Sejarah
SMA/MA Kelas X
1. Memahami ruang lingkup ilmu sejarah
2. Menggunakan prinsip-prinsip dasar
penelitian sejarah
3.
Menganalisis masa pra-aksara dan masyarakat
aksara pada masyrakat Indonesia
4.
Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia
meliputi peradaban awal, asal-usul dan persebaran manusia di wilayah
nusantara/Indonesia
Program IPA
1. Menganalisis perkembangan masa negara-negara tradisional yang meliputi masa
Hindu-Buddha, Islam di Indonesia
2. Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia masa penjajahan
Hindia-Belanda dan Pemerintahan Pendudukan Jepang
3. Menganalisis proses kelahiran dan pertumbuhan nasionalisme di Indonesia
4. Merenkonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi
Kemerdekaan sampai dengan periode Demokrasi terpimpin
5. Merekonstruksi pergantian pemerintahan masa awal kemerdekaan (1945-1955),
Demokrasi terpimpin (1955-1967), ke masa pemerintahan Orde Baru (1967-1998)
sampai periode Reforrmasi (sejak 1998 s/d sekarang)
6. Merekonstruksi perkembangan masyarakat pada masa Orde Baru
7.
Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi sesudah Perang Dunia II sampai dengan pertumbuhan teknologi
mutahir
Program IPS
1. Menganalisis kehidupan awal,
peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di dunia, serta asal usul
dan persebaran manusia di Indonesia
2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional,
meliputi perkembangan budaya, agama, dan sistem pemerintahan masa
Hindu-Buddha, masa Islam, proses
interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia
3. Menganalisis kesejarahan masa
kolonial Hindia Belanda (pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi, demografi,
sosial, serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan
sosial-ekonomi, politik
4. Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia
(Revolusi Perancis, revolusi Amarika, revolusi Rusia) terhadap perubahan
sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
5.
Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi
17 Agustus 1945, terbentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan lahirnya
Undang-Undang Dasar 1945
6.
Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai
masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, kerajaan-kerajaan Islam, permerintahan
colonial Belanda, Inggris, Pemerintahan Pendudukan Jepang, meliputi politik
(lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme), cita-cita terbentuknya Negara
merdeka dan sebagainya
7.
Menganalisis perjuangan dalam
mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman disintegrasi
bangsa, antara lain Peristiwa Madiun 1948, Pemnerontakan DI/TII, Peristiwa
PERMESTA, Peristiwa Andi Azis, RMS, PRRI, dan Gerakan G-30-S/PKI
8.
Menganalisis perkembangan masyarakat
Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Baru, dan masa Reformasi,
meliputi Masa Pemerintahan Demokrasi
Terpimpin (Orde baru, 1945-1967), masa Demokrasi Pancasila (Orde Baru,
1967-1998), dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998 –sekarang)
Program Bahasa
1. Menganalisis kehidupan masyarakat Indonesia periode kerajaan-kerajaan
tradisional, yang meliputi masa kerajaan Hindu-Buddha dan Islam
2. Menganalisis perkembangan bahasa dan karya sastra masa kebudayaan
Hindu-Buddha dan Islam
3. Menganalisis perkembangan masyarakat dan bahasa, karya sastra masa
pemerintahan kolonial Hindia Belanda
4.
Menganalisis proses kelahiran dan
perkembangan nasionalisme Indonesia
5.
Merekonstruksi perkembangan masyarakat
Indonesia periode Proklamasi (1945-1955), Orde Lama (1955-1967), Orde Baru
(1967-1998), dan Reformasi (1998 -) mreliputi perkembangan politik, ekonomi,
sosial, bidang budaya, bahasa, dan karya sastra
n. Geografi SMA/MA
1.
Memahami hakikat, objek, ruang lingkup,
struktur, dan pendekatan Geografi
2.
Mempraktekkan keterampilan dasar peta dan
memanfaatkannya dalam mengkaji geosfer
3.
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai
wahana memvisualkan geosfer
4.
Menganalisis dinamika dan kecenderungan
perubahan unsur-unsur geosfer serta dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
5. Memahami pola dan aturan tata surya dan jagad raya dalam kaitannya dengan
kehidupan di muka bumi
6. Memahami sumber daya alam dan pemanfaatannya secara arif
7. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya
dengan pembangunan berkelanjutan
8. Menganalisis konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitannya dengan
perencanaan pembangunan wilayah, pedesaan dan perkotaan, serta negara maju dan
berkembang
o. Ekonomi SMA/MA
1.
Menganalisis permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia dan sistem ekonomi
2. Mendeskripsikan
kegiatan ekonomi produsen, konsumen, permintaan, penawaran dan harga
keseimbangan melalui mekanisme pasar
3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah
dalam bidang ekonomi dalam kaitannya dengan pendapatan nasional, konsumsi,
tabungan dan investasi, uang dan perbankan
4. Memahami pembangunan ekonomi suatu negara dalam kaitannya dengan
ketenagakerjaan, APBN, pasar modal dan ekonomi terbuka
5. Menyusun siklus akuntansi perusahaan jasa dan perusahaan dagang
6. Memahami fungsi-fungsi manajemen badan usaha, koperasi dan kewirausahaan.
p. Sosiologi SMA/MA
1.
Memahami sosiologi sebagai ilmu yang
mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
2.
Memahami proses interaksi sosial di dalam
masyarakat dan norma yang mengatur hubungan tersebut serta kaitannya dengan
dinamika kehidupan sosial
3.
Mengidentifikasi kegiatan bersosialisasi
sebagai proses pembentukan kepribadian
4.
Mengidentifikasi berbagai perilaku
menyimpang dan anti sosial dalam masyarakat
5. Menganalisis hubungan antara struktur dan mobilitas sosial dalam
kaitannya dengan konflik sosial
6. Mendeskripsikan
berbagai bentuk kelompok sosial dan perkembangannya dalam masyarakat yang
multikutural
7. Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap
kehidupan masyarakat
8. Menjelaskan hakikat dan tipe-tipe lembaga sosial dan fungsinya dalam
masyarakat
9. Melakukan penelitian sosial secara
sederhana dan mengkominukasikan hasilnya dalam tulisan dan lisan
q. Seni Budaya SMA/MA
Seni Musik
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam teknik, media, dan materi musik daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik
Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik tradisional dan
nontradisional dengan beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik
mancanegara (NonAsia)
Seni Tari
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau
berpasangan/kelompok dalam konteks budaya masyarakat Nusantara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari kreasi bentuk tari tunggal atau
berpasangan/kelompok mancanegara (NonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya.
Seni Teater
1. Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional dan nontradisional dan seni
teater kreatif daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater
tradisional dan nontradisional dan seni teater kreatif Nusantara dalam
konteks budaya masyarakat
4. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater
tradisional, dan nontradisional dan seni teater kreatif mancanegara
(NonAsia) dalam konteks budaya masyarakat
Seni Rupa (Program IPA)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan
teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni terapan dengan memanfaatkan
teknik mistar dan proyeksi dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa
terapan Nusantara dan mancanegara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan
(modern/ kontemporer) yang dikembangkan dari beragam unsur, corak dan teknik
seni rupa Nusantara
Seni Rupa (Program IPS dan Bahasa)
1. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan
teknik dan corak daerah setempat dan Nusantara
2. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni kriya dengan memanfaatkan
teknik dan corak Nusantara dan mancanegara
3. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni dan terapan
(modern/kontemporer) yang dikembangkan
dari beragam unsur, corak dan teknik seni rupa Nusantara
r. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
SMA/MA
1.
Mempraktekkan keterampilan permainan dan
olahraga dengan menggunakan peraturan
2.
Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama
serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
3.
Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap
tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya
4.
Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam
pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya
5.
Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti
renang, permainan di air dan keselamatan di air
6.
Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar
kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung,
dan lain-lain
7.
Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal
berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV
s. Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA/MA
1.
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ditopang oleh sikap cermat
dan menghargai Hak Atas Kekayaan Intelektual
2.
Menggunakan perangkat pengolah kata,
pengolah angka, pembuat grafis dan pembuat presentasi dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram untuk menghasilkan informasi
3.
Memahami prinsip dasar Internet/intranet
dan menggunakannya untuk memperoleh informasi, berkomunikasi dan bertukar
informasi
t.
Keterampilan
SMA/MA
Kerajinan
1. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan tenik tapestry dan teknik
pembentukan manual untuk fungsi ekspresi/hias
2. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau
teknik batik untuk fungsi ekspresi/hias.
3. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras
alami dengan berbagai teknik untuk fungsi ekspresi/hias.
4. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan
teknik potong konstruksi untuk fungsi ekspresi/hias.
5. Mengapresiasi dan membuat benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras
alami dan teknik sayat dan ukir yang menerapkan ragam hias tradisional,
mancanegara maupun modifikasinya.
Teknologi Rekayasa
1. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa berbagai tempat
hewan air dan hewan darat yang sehat
2. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa miniatur benda konstruksi
sederhana dan kompleks
3. Mengapresiasi dan menciptakan karya teknologi rekayasa alat transportasi
mainan dengan energi mekanik
Teknologi Budidaya
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya unggas potong dan hias.
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi budidaya tanaman hias dengan
menggunakan berbagai media
3. Mengapresiasi dan menerapan teknologi budidaya ikan hias air tawar di dalam
akuarium dan budidaya udang air tawar/laut
Teknologi Pengolahan
1. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk pengawetan dengan
pengapasan dan menggunakan uap dari bahan hewani
2. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan bahan padat dan bahan
cair/kental dengan teknik fermentasi.
3. Mengapresiasi dan menerapkan teknologi pengolahan produk makanan dengan
teknik daur ulang dan teknik pengolahan satu bahan menjadi berbagai produk
makanan.
u. Bahasa Asing SMA/MA
Bahasa Arab Program Pilihan
1.
Mendengarkan
Memahami bunyi huruf Hijaiyah dan makna dalam wacana
lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan pekerjaan
3.
Membaca
Melafalkan huruf Hijaiyah dan memahami makna dalam
wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
4.
Menulis
Menulis huruf Hijaiyah dan mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan pekerjaan
Bahasa Arab Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami bunyi huruf Hijaiyah serta makna dalam wacana
lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Melafalkan huruf hijaiyah serta memahami makna
dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
4.
Menulis
Menulis huruf hijaiyah serta mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan
Bahasa Jerman Program
Pilihan
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan wisata
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan wisata
Bahasa Jerman Program
Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
Bahasa Perancis
Program Pilihan
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan wisata
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan wisata
Bahasa Perancis
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan
Bahasa Jepang Program
Pilihan
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
wisata
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, dan wisata
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana,
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata
Bahasa Jepang Program
Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, kesehatan, dan cita-cita
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang
identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, kesehatan, dan cita-cita
3.
Membaca
Memahami makna
dalam wacana tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana,
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, kesehatan,
dan cita-cita
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dengan huruf hiragana, katakana, dan kanji sederhana, dalam
wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, kesehatan,
dan cita-cita
Bahasa Mandarin
Program Pilihan
1.
Mendengarkan
Mengidentifikasi
bunyi hanyu pinyin dan memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dengan lafal hanyu pinyin
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
3.
Membaca
Membaca nyaring dan
memahami makna dalam wacana tertulis dengan lafal/ejaan hanyu pinyin dan hanzi
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dengan ejaan hanzi
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan
pekerjaan
Bahasa Mandarin
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Mengidentifikasi
bunyi hanyu pinyin dan memahami makna
dalam wacana lisan berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas
diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi,
wisata, layanan umum, dan pekerjaan
2.
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dengan lafal hanyu pinyin
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
3.
Membaca
Membaca nyaring dan
memahami makna dalam wacana tertulis dengan lafal/ejaan hanyu pinyin dan hanzi
berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan
sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum,
dan pekerjaan
4.
Menulis
Mengungkapkan makna
secara tertulis dengan ejaan hanzi
dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri,
kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata,
layanan umum, dan pekerjaan
v. Sastra Indonesia SMA/MA
Program Bahasa
1.
Mendengarkan
Memahami wacana
lisan dalam kegiatan apresiasi terhadap pementasan drama dan pembacaan
puisi
2.
Berbicara
Menggunakan wacana
lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan,
informasi, dan membahas serta
mengapresiasi berbagai karya sastra berbentuk puisi, prosa, dan drama
3.
Membaca
Menggunakan
berbagai jenis membaca untuk mengapresiasi karya sastra berbentuk novel, cerita pendek,
hikayat, dan drama
4.
Menulis
Menggunakan
berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan
pengalaman dalam kegiatan apresiatif yang
menghasilkan transformasi karya sastra, kritik dan esei, dan berbagai
karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, serta
transliterasi/transkripsi naskah lama berhuruf Arab Melayu
5.
Kesastraan
Menguasai komponen
kesastraan, genre sastra dan perkembangannya untuk mengapresiasi karya sastra
berbentuk puisi, prosa, dan drama
w. Antropologi SMA/MA
Program Bahasa
1. Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, budaya asing, dan hubungan di
antara keduanya, serta dampak dari hubungan tersebut
2. Menunjukkan sikap toleran dan empati terhadap keberagaman budaya yang ada
di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
3. Menganalisis proses dinamika budaya dalam kaitannya dengan integrasi
nasional
4. Memahami peran bahasa dan dialek dalam perkembangan budaya Indonesia, serta
menunjukkan sikap peduli terhadap bahasa dan dialek
5. Menganalisis keragaman dan perkembangan seni dalam budaya Indonesia (Seni
Rupa, Sastra dan Pertunjukan)
6. Memahami keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia serta dampaknya
dalam perilaku penganutnya
7. Memahami peran dan penerapan IPTEK, serta pengaruhnya terhadap perkembangan
budaya Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar